TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


10 JANUARI 2023---Sdr. JONI dari LAMPUNG---Sdr. RENDY dari FEBRIANTORO---Sdr. MULYANA dari TASIKMALAYA---Sdr. ADI ILMA FALAH dari TASIKMALAYA---Sdr. HILDA FAHIRA dari BLITAR---Sdr. EDY SOFYAN dari SUMENEP---Sdr. SYAHNAN SINABELA dari DEPOK---Sdr. ERY GUNAWAN dari SURABAYA---Sdr. SANTY dari CIANJUR---Sdr. RICHIE---Sdr. EFFENDI GO dari SURABAYA---Sdr. IRHAM MULKY dari TASIKMALAYA---Sdr. SLAMET PRIADI---Sdr. EMUH MUSLIH dari TASIKMALAYA---Sdr. ARDIAN---Sdr. NOVI OKTAVIANI dari TASIKMALAYA---Sdr. LIA AGUSTINA---Sdr. HERDI NUR---Sdr. DILI YULIANA dari GARUT---Sdr. I WAYAN EKA dari BALI---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Budidaya kelinci

Kelinci dijinakkan sejak tahun 2000 tahun yang silam dengan tujuan keindahan, penghasil daging, kulit (fur), wol, dan hewan percobaan. Kelinci mempunyai daya adaptasi tubuh yang tinggi sehingga mampu dikembangkan hampir diseluruh dunia.

Kelinci yang sehat mempunyai sifat yang lincah, aktif, gerakkanya energik, mempunyai nafsu makan tinggi, mata bulat bercahaya, selaput mata bersih, serta pandangan yang jernih dan cerah. Kepala sesuai dengan ukuran badan, berkaki normal, kokoh kuat dan berkuku pendek, badan bulat, dada lebar dan padat.

Jika pemeliharaan kelinci bertujuan untuk diambil dagingnya, jenis kelinci yang dipilih yaitu berbobot badan berat, tinggi dan perdagingan yang baik. Sementara jika bertujuan untuk bulu, harus dipilih yang mempunyai potensi genetik pertumbuhan bulu yang baik. Untuk kedua jenis tujuan tersebut, kelinci harus mempunyai sifat fertilitas yang tinggi, tenang, tidak cacat, bulu tidak kusam dan aktif bergerak.

Kelinci betina mulai dikawinkan pada umur 5,5 bulan. Jika belum mau, hendaknya perkawinan kelinci dicoba kembali setiap 10 hari hingga umur 6,5 bulan. Betina dikawinkan kembali jika anaknya telah berumur 3-7 minggu. Seekor pejantan disediakan untuk 10 betina dan dalam waktu 3 hari berturut-turut hanya dikawinkan sebanyak sekali saja.

Perkawinan dilakukan pada pagi atau sore hari dikandang pejantan dan dibiarkan hingga 2 kali perkawinan. Aetelah itu, pejantan dipisahkan. Lama kebintingan pada induk sekitar 30-32 hari. Jumlah anak yang dilahirkan bervariasi, sekitar 6-10 ekor.

Penyakit yang sering timbul dalam pemeliharaan kelinci sebagai berikut:
  • Bisul, terjadi karena penggumpalan darah dibawah kulit. Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu membedah dan mengeluarkan darah dalam bisul. Untuk mencegah timbulnya infeksi, bekas luka sebaiknya dioleskan dengan Iodium.
  • Eksim, penyebabnya adalah kotoran yang menempel dikulit. Untuk pengobatan, salep atau bedak salycil bisa dihunakan.
  • Kudis, penyebabnya yaitu Darcoptes scabiei, ditandai dengan munculnya koreng ditubuh. Pengobatan kudis pada kelinci bisa dilakukan dengan salep antibiotik.
  • Mastitis, susu yang keluar tidak maksimal atau tidak dapat keluar. selain puting juga tampak mengeras dan panas jika dipegang. Hendaknya, kelinci dihindarkan untuk tidak menyapih anak terlalu mendadak.
  • Pilek, penyebabnya virus dengan gejala hidung berair. Untuk mengobati pilek, bisa dilakukan dengan menyemprotkan antiseptik pada hidung kelinci.
  • Radang paru-paru, penyebabnya bakteri Pasteurella multocida dengan gejala sesak napas serta mata dan telinga kebiruan. Pengobatanya bisa dilakukan dengen memberikan Sul-Q-nox.
  • Berak darah, penyebabnya protozoa Eimeira dengan gejala napsu makan hilang, berat badan terus menurun, perut membesar, dan diare darah. Jika kelinci terserang berak darah, segera obati dengan Sulfaquinxalin. Dosis yang digunakan 12 ml dalam 1 liter air. Aplikasinya dengan cara diminumkan.
Hasil utama kelinci adalah daging dan bulu. Kandungan protein karkas kelinci tinggi, kadar kolesterol yang rendah, otot dagingnya lebih halus, serta secara organoleptik lebih gurih dan lebih disukai konsumen. Hasil sampinganya berupa kotoran untuk pupuk. Pada umur 8-12 minggu, kelinci potong sudah bisa dipanen.

Sebelum dipanen, kelinci dipuasakan (stoving) selama 6-10 jam untuk mengosongkan isi dalam saluran pencernaan, terutama usus. Sementara air minum tetap diberikan. Setelah dipotong, kelinci perlu dikuliti, mulai dari kaki belakang hingga arah kepala. Saat dikuliti, sebaiknya kelinci dalam posisi tergantung. Agar tidak mengontaminasi daging, jeroan berupa usus, jantung dan paru-paru dikeluarkan. Karkas kelinci bisa dipotong menjadi delapan bagian, yaitu 2 potong kaki depan, 2 potong kaki belakang, 2 potong bagian dada, dan 2 potong tubuh bagian belakang.