TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


26 SEPTEMBER 2023---Sdr. MULYADI---Sdr. Ir AHMADI dari SIDOARJO---Sdr. RIFAI dari TASIKMALAYA---Sdr. RAFA M dari TANGERANG---Sdr. KAAFI MARWAH---Sdr. IWAN TANOTO---Sdr. ASEP GUNAWAN dari CIAMIS---Sdr. ASEP SYAEFUL dari TASIKMALAYA---TOKO LAYANGAN AMUNG dari TASIKMALAYA---Sdr. NIZAR FIRDAUS dari TASIKMALAYA---Sdr. M ROVIE N dari TASIKMALAYA---Sdr. HADI SURONO---Sdr. IDAT RUHIYAT dari TASIKMALAYA---Sdr. DIAN PRASETYA dari MALANG---Sdr. IING ROING dari TASIKMALAYA---Sdr. BSDRUZAMAN MARINA dari TASIKMALAYA---Sdr. HAIDAR RIFKI dari TASIKMALAYA---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Jumlah nutrisi yang diperlukan ayam petelur

Banyaknya kebutuhan nutrisi (gizi) yang diperlukan ayam petelur dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menyangkut banyak hal seperti umur ayam, pertumbuhan, produksi dan suhu lingkungan.

  • Umur ayam
    Kebutuhan jumlah nutrisi ayam pada tingkat pemeliharaan awal yang masih kecil, jaringan dan organ tubuhnya masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan organ ini membutuhkan nutrisi yang tinggi, terutama kebutuhan proteinya.
  • Pertumbuhan
    Sesudah melampui masa-masa pemeliharaan awal, pertumbuhan anak ayam mulai berkurang dan organ tubuh sudah terbentuk sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi, utamanya protein mulai berkurang, lebih rendah daripada kebutuhan protein pada masa awal.
  • Produksi telur
    ayam yang sudah dewasa organ tubuhnya tidak tumbuh lagi, akan tetapi ayam aktif bertelur. Oleh karena itu, walaupun ayam tidak tumbuh dan berkembang lagi, akan tetapi membutuhkan perawatan untuk hidup pokok dan untuk produksi. Sehingga ayam yang sedang aktif bertelur membutuhkan gizi yang lebih tinggi daripada ayam remaja.
  • Suhu Lingkungan
    Suhu yang tinggi seperti misalnya didataran rendah atau pantai, mengakibatkan selera makan ayam turun, sehingga jumlah ransum yang masuk ke dalam tubuh ayampun lebih sedikit. Hal ini mengakibatkan nutrisi atau protein yang masuk juga lebih rendah. Untuk mengatasi hal ini, maka protein dan nutrisi lain perlu ditingkatkan.
    Untuk mempermudah dan demi praktisnya dalam melakukan penyusunan formula ransum ayam petelur, berikut ini diketengahkan suatu pedoman mengenai kebutuhan nutrisi ayam petelur atas dasar tingkatan umur dan suhu lingkungan.


    Kebutuhan energi dan protein di dalam ransum sesuai dengan kondisi ayam dan suhu lingkungan
    Produksi telur (%) Cuaca Panas Cuaca dingin
    ME Kcal/kg Proten (%) ME Kcal/kg Proten (%)
    80 2750 18 3080 17
    70 -80 2695 17 3025 16
    <70 2640 16 2970 15



    Kebutuhan nutris dari tingakatan umur
    Nutrisi Starter Grower Layer
    Protein (%) 20-22 15-16 17 - 18
    ME Kcal/Kg 2850 2750 2850
    Lemak(%) 3-4 3 - 4 4 - 5
    Serat Kasar (%) 4 4 - 5 3 - 4