TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


05 OKTOBER 2018---Sdr. ARIS SUBIANTORO (PETERNAK &PEDAGANG) dari KEDIRI---Sdr. SIGIT dari TASIKMALAYA---Sdr. H. JUMAT dari BONDOWOSO---Sdr. ATILPA WILDAN NASRULLAH dari MAJALENGKA---Sdr. ENGKOS / TEDI WAHYUDI dari CIAMIS---Sdr. AGUS dari CIAMIS---Sdr. YENI YUNENGSIH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Fase grower Ayam petelur

Ayam muda atau grower adalah anak ayam yang hidup pada fase pertumbuhan antara 8-20 minggu. Anak ayam yang telah mencapai fase grower berarti telah melewati masa starter yang kritis. Tata laksana untuk anak ayam fase tersebut pada prinsipnya masih sama dengan fase starter. Tetapi karena mereka umurnya telah meningkat, maka tentu saja relative lebih tahan terhadap lingkungan ataupun infeksi penyakit.

Pada fase grower anak ayam harus dipindahkan dari kandang starter ke kandang grower, atau kandang yang sama tetapi kepadatannya harus dikurangi. Ukuran 1 m2 untuk 5 – 10 ekor ayam, dan ukuran tempat pakan 7,5 – 10 cm/ekor untuk satu sisi. Jika menggunakan tempat pakan gantung yang berbentuk bulat dengan diameter 40 cm bisa mencukupi 100 ekor. Sistem lantai yang dipakai bisa postal (berlantai rapat) ataupun renggang.

Karena pertumbuhan anak ayam fase grower semakin menurun bila dibandingkan dengan fase starter, maka ransum yang diberikan pun hendaknya digantikan dengan ransum grower sedikit demi sedikit yang kadar proteinnya lebih rendah daripada fase starter. Pelaksanaan pergantian ransum ini diselesaikan dalam 2-3 minggu.

Jumlah pakan yang diberikan pada setiap ayam grower dimulai dengan 60 gram/hari. Kemudian setiap bulan ditambah 15 gram/ekor menjadi 7,5 gram. Dan akhirnya pada bulan ke empat kurang lebih 90 gram. Sebagai persiapan bertelur, penambahan unsure Ca dalam bentuk grid harus telah diberikan pada saat ayam itu berumur 20 minggu.



baca juga:

Pemeliharaan ayam petelur masa grower



Pada fase grower ini sebaiknya diadakan ceking (test) terhadap parasit cacing. Pengecekkan ini sedapat mungkin dilakukan pada kandang berlantai renggang atau kawat (wire floor), sehingga apabila terjadi infeksi cacing dalam jumlah besar, sebaiknya seluruh ayam harus diobati. Pada saat ayam ini dipendahkan ke kandang grower harus dilakukan seleksi sekaligus. Semua ayam yang besar atau pertumbuhannya seragam dijadikan satu kandang, sedangkan ayam-ayam yang kecil, lemah ataupun cacat harus disendirikan.

Penerangan sudah muali dibatasi pada saat anak ayam berumur 6 minggu. Jika penerangan tidak dibatasi atau diatur, pengaruhnya terhadap laju pertumbuhan sesual pun menjadi semakin cepat. Sebab selama anak ayam itu mendapat penerangan, mereka akan makan terus-menerus, sehingga kemassakan sexual pun terjadi lebih dini. Hal ini pengaruhnya terhadap produksi menjadi kurang baik. Pemindahan kandang ayam grower ka kandang layer atau petelru pada saat mereka sudah berumur 20 minggu.