TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


15 MARET 2018---Sdr. CHICAN dari TASIKMALAYA---Sdr. Drh. BUDI ARMUNARTO dari CIAMIS---Sdr. ANDRI SANTOSO dari KEDIRI---Sdr. OYO SUYONO dari KUNINGAN---Sdr. ERICA AGUSTIN dari KUNINGAN---Sdr. ARIF RAHMAN dari TASIKMALAYA---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Menghitung kapasitas produksi telur suatu daerah

Sebagai pemain telur, baik itu pedagang atau peternak tentu anda merasa penasaran juga untuk mengetahui kapasitas produksi suatu daerah, Memang kita tidak bisa menghitung kapasitas produksi telur yang fix dari suatu daerah. Tetapi setidaknya kita bisa meng-estimasi atau memperkirakan berapa kapasitas produksi telur suatu daerah itu dengan mengetahui data populasi produksi yang ada.

Sebagai dasar perhitungan, kita average saja jumlah telur dalam dalam  1 kilogramnya adalah 16 butir. Dan prosentase produksi diambil rata-rata juga yaitu sekitar 80% per hari. Jadi dengan dasar perhitungan diatas, bisa kita hitung bahwa dalam 1000 ekor ayam petelur menhasilkan 50 kg telur per harinya. Selanjutnya,yang kita butuhkan adalah data populasi ayam petelur pada suatu daerah. Dalam hal ini saya mengambil data dari http://www.disnak.jatimprov.go.id. Sebagai contoh perhitungan kita ambil kapasitas produksi telur di blitar saja. Anda bisa melihat data populasi ayam petelur di blitar untuk tahun 2012 disini.

Dari data disnak jatim tersebut bisa kita ketahui bahwa jumlah populasi ayam petelur di blitar itu sekitar 15.036.300 (lima belas juta tigapuluh enam ribu tigaratus) ekor. Tetapi menurut pendapat saya pribadi, jumlah populasi di blitar bisa lebih dari itu. Hal ini dikarenakan, para peternak di blitar itu kebanyakan sifatnya low profil tapi high produk. Jadi kemungkinan data yang diberikan itu biasanya lebih kecil dari jumlah populasi yang ada. Selain itu, kebanyakan peternak kecil dengan populasi dibawah 10.000 ekor juga banyak yang belum terdata. Dimana jumlah populasi dari peternak kecil ini tentunya juga tidak bisa dianggap remeh.

Ok, selanjutnya kita hitung estimasi kapasitas produksi telur di blitar ini dengan dasar data resmi dari dinas peternakan jatim ini saja. Dari perhitungan dasar diatas, kita anggap bahwa dalam 1000 ekor ayam petelur menghasilkan telur sebesar 50 kg/hari. Jadi jika merujuk dari data diatas, 15.036.300 kita bagi dengan 1000 sama dengan 15.036,300. selanjutnya hasil tersebut kita kalikan dengan 50 kg. Jadi 15.036,300 X 50 = 751.815 kg atau hampir 752 ton.  Sebagai gambaran, untuk 1 truk telur itu mempunyai kapasitas 4 ton berarti produksi telur di blitar ini jika perhitungan didasarkan dari data disnak jatim ini sekitar 188 truk per hari. 

Jadi itulah yang menjadi sebab mengapa harga telur di blitar itu menjadi acuan dasar bagi daerah lain. Tetapi juga perlu kita ketahui bahwa harga telur di blitar ini juga berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah yang lain. Oleh karena itu yang namanya dasar acuan itu juga butuh analisa data. Dan sebaik-baik anda menggunakan dasar acuan adalah jika anda merujuk pada sumber informasi yang tentunya sudah terbukti dan teruji sebagai dasar acuan oleh kebanyakan pedagang atau peternak lainnya.