TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


12 JULI 2018---Sdr. BAYU WINAJI dari TANGERANG---Sdr. MOH. BAYU N dari JAKARTA---Sdr. ANWAR SOLIHIN dari TASIKMALAYA---Sdr. ATI CELA dari SAMARINDA---TOKO SUGI JAYA ABADI dari BLITAR---Sdr> YUNFIKA ROHMATUL FAIDA dari CIAMIS---Sdr. FAHMI dari PURWOKERTO---Sdr. MUH. FARHAN dari CIAMIS---Sdr. RIDWAN FAUZI dari MAGELANG---Sdr. ENDI dari CIREBON---Sdr> H. AIP dari TASIKMALAYA---Sdr. FETI FATIMAH dari MAJALENGKA---Sdr. SITO WIDODO---Sdr. H. TONO dari KUNINGAN---Sdr. CECEP DENI dari TASIKMALAYA---Sdr. CICIP SUSANTO dari BANYUMAS---Sdr. SRI ENDAHYANI dari TRENGALEK---Sdr. ASRI FITRIA NURJANAH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Penjagaan kesehatan ayam petelur

Setelah ayam mencapai kedewasaan, daya tahan terhadap penyakit lebih kuat daripada masa-masa sebelumnya. Tetapi harus dingat meskipun daya tahan tubuhnya sudah lebih kuat, kuman populasi yang lebih besar tetap saja mampu untuk menginfeksinya. Oleh karena itu, tetap diperlukan juga penanggulangan terhadap seperti halnya masa-masa pembesaran dan pertumbuhan.

Adanya infeksi penyakit dan kematian yang tinggi pada periode bertelur, pada umumnya diakibatkan oleh berbgai sebab, antara lain sebagai berikut ini:

  1. Wabah berbagai penyakit, terutana ND, CRD dan organisme lain seperti kolera maupun coli.
  2. sanitasi atau kebersihan kandang, peralatan dan lingkungan yang tidak baik, misalnya makanan tercemar oleh penyakit melalui lalat, bangkai ayam yang tidak terbasmi sempurna, sampah, lantai becek dan lain sebgainya, akan mengundang berbagai penyakit.
  3. Faktor manajemen atau pemeliharaan yang tidak baik, antara lain populasi ayam terlalu padat, pemberian makanan dan air minum yang tidak terkontrol, pengaturan cahaya tambahan yang tidak tepat, dapat membuat ayam menjadi stres dan akhirnya mengarah kepada suatu kondisi yang lemah.
  4. Pemberian ransum dengan kandungan gizi yang tidak sesuai, karena protein dan energi yang masuk kedalam tubuh ayam rendah akibat suhu lingkungan terlalu tinggi.
Untuk melakukan pengendalian terhadap kemungkinan-kemungkinan berinfeksinya berbagai macam penyakit tersebut, perlu dilakukan tindakan sebagai berikut:
  1. Melaksanakan program vaksinasi terutama terhadap penyakit ND dan penyakit-penyakit lain yang disebabkan Virus.
  2. Melaksanakan program sanitasi secra ketat, menjaga kebersihan lingkungan kandang dengan cara penyemprotan secara rutin, 2 minggu sekali.
  3. menguatkan daya tahan tubuh ayam dengan cara memberikan ransum yang baik, yang memiliki kandungan nutrisi dengan iimbangan yang sesuai, serta menambahkan unsur-unsur penting lainya misalnya vitamin, mineral, dan antibiotik kedlam ransum sesuai kebutuhan.
  4. Menjaga terlaksananyaprogram tatalaksana yangbenar, antara lain dengan mengatur populasi yang optimal, memberi tambahan cahaya yang sesuai, menyediakan peralatan kandang yang memadai dan persyaratan kandang yang baik, memberikan makan dan air minum
  5. membersihkan lingkungan kandang secara rutin.


baca juga:

Jumlah pakan yang harus diberikan pada DOC masa starter