TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


29 NOVEMBER 2018---Sdr. DEWI LIYANI dari TASIKMALAYA---Sdr. HERMANTO KARIM dari SUKOHARJO---Sdr. DERI SEPTIAWAN dari BANDUNG---Sdr. DADANG HAMDANI dari CIAMIS---Sdr. IRIN RAHMAD dari SURABAYA---Sdr. RENDI HERNAWAN dari BANDUNG---Sdr. YANTI dari PANGANDARAN---Sdr. ABDUL HANAN dari TASIKMALAYA---Sdr. UNDUNG NOOR S---Sdr. ADE RAMDAN---Sdr. ENDI RIZA dari BANDUNG---Sdr. HAERUL MAULANA dari BANTEN---Sdr. AHMAD FADHUL---KAHOT TELUR dari TASIKMALAYA---Sdr. WAWAN WARDANI dari SINGAPRANA---Sdr. IRFA KALIMATILAH dari TASIKMALAYA---Sdr. IMAM KHUSAERI dari CIAMIS---Sdr. YONI SUGIHARTO dari BLITAR---Sdr. SARI WIJAYA dari BLITAR---Sdr. TASIM---Sdr. RUDI---Sdr. NASRUL dari TASIKMALAYA---Sdr. UUS NURSOBAH dari TASIKMALAYA---Sdr. GUWINDA dari TASIKMALAYA---PJ TELUR dari TASIKMALAYA---Sdr. IYUS HUDIYANA dari CIAMIS---Sdr. ILHAM SANUAL P dari TASIKMLAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Limfoid Leukosis (LL)

Limfoid Leukosis (LL) disebut juga visceral lymphomatosis atau big liver disease adalah salah satu penyakit tumor yang termasuk didlam leukosis kompleks atau disebut juga limfoid sarcoma. Bentuk-bentuk lain dari leukosis kompleks adalah erytroblastosis, myelocytomatosis, osteopetrosis, nephroblastoma, fibrosarcoma dan lain-lain. Dari berbagai macam leukosis kompleks tersebut limfoid leukosis kompleks tersebut limfoid leukosis yang paling sering ditemukan. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi dengan tingkat penularan rendah. Sering kali terjadi sporadik terutama pada ayam umur 12-16 minggu namun jarang dijumpai pada ayam pedagaing.

Penyebab Penyakit

Virus penyebab Limfoid Leukosis (LL) dikelompokan dalam genus Alpharetrovirus dan familinya retroviridae. Anggota dari famili ini adalah virus RNA yang memiliki enzim reverse transcriptase dibuutuhkan dalam pembentukan DNA provirus yang digabungkan dalam genom inang selama virus bereplikasi. Virus LL mempunyai kandungan lipid yang tinggi dalam amplopnya. Virus akan mati apabila terkena senyawa etil ether. Virus LL diinaktivasi secara cepat pada suhu tinggi, yaitu 50 derajat Celcius selama 8,5 menit dan 60 derajat celcius selama 0,7 menit. Virus LL akan berkembang baik pada pH 5-9, diluar interval pH tersebut virus LL akan mati.

Gejala Penyakit
Masa inkubasi 4 bulan, karena itu penyakit ini jarang ditemukan pada ayam dibawah umur 4 bulan. Gejala yang muncul sangat tidak jelas karena hanya berupa penurunan nafsu makan. Ayam kurus dan sangat lemah, perut membesar, bulu kotor karena asam urat atau zat warna empedu, pial dan jengger berwarna pucat sampai dengan kebiruan. Perubahan bedah bangkai yang khas yaitu hati menjadi sangat besar sehingga seluruh rongga perut terisi oleh hati. Karena perubahan pada hati tersebut penyakit ini juga disebut big liver disease.

Perubahan lain adalah tumor yang ditemukan pada berbagai alat tubuh yang berumur 4 bulan yaitu pada hati, limpa, bursal fabricius, ginjal, paru-paru, indung telur, jantung ,sumsum tulang dan mesenterium. Besar tumor dan jumlah alat tubuh yang tersrang sangat bervariasi tetapi yang paling sering ditemukan pada hati dan limpa. Jika tumor diperiksa secara mikroskopik tampak bahwa tumor tersusun dari kumpulan sel limfoid yang besar. Besar sel ini bervariasi tetapi semuanya merupakan sel dalam stadium pertumbuhan yang primitif. Tumor pada limfoid leukosis bersifat lokal dan multisentrik

Penularan Penyakit
Penularan dapat terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. Penularan horizontal terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung, virus dikeluarkan oleh ayam sakit melalui feses dan air liur.

Pengendalian penyakit
Pencegahan;
Satu-satunya cara pencegahan adalah dengan membeli ayam yang bebaas LL dan memeliharanya pada kandang serta lingkungan yang bebas virus penyebab LL. Vaksin untuk penyakit ini tidak ada.

Pengobatan:
Tidak ada obat untuk penyembuh penyakit yang disebabkan virus.