TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


12 JULI 2018---Sdr. BAYU WINAJI dari TANGERANG---Sdr. MOH. BAYU N dari JAKARTA---Sdr. ANWAR SOLIHIN dari TASIKMALAYA---Sdr. ATI CELA dari SAMARINDA---TOKO SUGI JAYA ABADI dari BLITAR---Sdr> YUNFIKA ROHMATUL FAIDA dari CIAMIS---Sdr. FAHMI dari PURWOKERTO---Sdr. MUH. FARHAN dari CIAMIS---Sdr. RIDWAN FAUZI dari MAGELANG---Sdr. ENDI dari CIREBON---Sdr> H. AIP dari TASIKMALAYA---Sdr. FETI FATIMAH dari MAJALENGKA---Sdr. SITO WIDODO---Sdr. H. TONO dari KUNINGAN---Sdr. CECEP DENI dari TASIKMALAYA---Sdr. CICIP SUSANTO dari BANYUMAS---Sdr. SRI ENDAHYANI dari TRENGALEK---Sdr. ASRI FITRIA NURJANAH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Mengeluh hanyalah menunjukkan kelemahan jiwa


Sejak dahulu, ada kebiasaan dari peternak yang menurut saya kurang baik. Kebiasaan tersebut tidak hanya pada saat harga telur sedang murah saja, tetapi juga pada saat harga telur  cukup baik. Pada saat harga yang relatif tinggi, kebanyakan peternak akan mengeluhkan mengapa produksinya tidak bisa optimal, terkadang juga mengeluhkan banyaknya tanggungan pakan yang belum dibayar atau yang lainnya. Sedangkan pada saat harga telur kurang bagus, akan lebih banyak lagi  peternak yang  mengeluh, entah itu rugi, akan bangkrut atau kurangnya kebijakan pemerintah, menyalahkan sistem dan lain sebagaianya.

Dari dulu, lebih dari 30 tahun dalam perkembangan peternakan ayam petelur di Indonesia itu, yang namanya harga ya selalu berfluktuasi. Yang bisa menjadikan peternak itu sukses atau tidak adalah ketekunan dan ketahanan peternak dalam menjalankan bisnisnya. bukan stabilnya harga karena dari dulu harga telur itu tidak pernah stabil. Bisnis apapun, akan selalu ada yang sukses dan yang gagal, seleksi alam akan terus berlaku, jadi untuk mulai memutuskan menjadi peternak harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu segala yang menjadi resikonya. Jangan hanya karena melihat banyak peternak yang sukses langsung ikut-ikutan jadi peternak tetapi belajarlah dari mereka bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesannya. Sukses itu melalui perjuangan dan proses,   tidak mungkin harga itu selalu stabil tinggi, karena bagaimanapun juga pemerintah tidak akan mampu untuk menjaga harga telur itu stabil.

Logikanya, untuk menjaga harga telur itu stabil, pemerintah harus membeli telur dan menytoknya pada saat harga rendah karena lemahnya daya serap pasar dan akan mengeluarkan stoknya  atau melakukan impor pada saat harga melambung tinggi. Hal seperti ini, jelas sekali tidak mungkin, mengingat daya tahan telur yang tidak bisa terlalu lama dan tidak mungkinnya telur di impor atau di ekspor seperti daging. Tetapi yang perlu di ingat, justru karena besarnya rentang fluktuasi harga  itulah suatu bidang usaha akan memberikan keuntungan yang besar juga. Sebagai ilustrasi, harga padi itu relaif stabil tetapi sepertinya belum pernah ada petani yang menanam padi kesuksesannya melebihi peternak ayam petelur dengan modal awal yang sama.

Jadi untuk menjadi peternak layer yang sukses itu, tidak hanya butuh modal saja, tetapi juga harus mempunyai semangat yang kuat, cerdas dalam berfikir serta  tahan uji dan derita. Semoga kita bisa menjadi bagian dari peternak yang cerdas, bermartabat, tahan uji dan derita sehingga bisa menjadi bagian dari peternak yang sukses di tanah air. Sekali lagi, mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, karena mengeluh hanya menunjukkan betapa lemahnya jiwa kita. Dan peternak yang lemah mental dan jiwanya pasti akan tereleminasi oleh proses seleksi alam yang terjadi.