TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


26 SEPTEMBER 2023---Sdr. MULYADI---Sdr. Ir AHMADI dari SIDOARJO---Sdr. RIFAI dari TASIKMALAYA---Sdr. RAFA M dari TANGERANG---Sdr. KAAFI MARWAH---Sdr. IWAN TANOTO---Sdr. ASEP GUNAWAN dari CIAMIS---Sdr. ASEP SYAEFUL dari TASIKMALAYA---TOKO LAYANGAN AMUNG dari TASIKMALAYA---Sdr. NIZAR FIRDAUS dari TASIKMALAYA---Sdr. M ROVIE N dari TASIKMALAYA---Sdr. HADI SURONO---Sdr. IDAT RUHIYAT dari TASIKMALAYA---Sdr. DIAN PRASETYA dari MALANG---Sdr. IING ROING dari TASIKMALAYA---Sdr. BSDRUZAMAN MARINA dari TASIKMALAYA---Sdr. HAIDAR RIFKI dari TASIKMALAYA---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Tentang ayam ras petelur

Dalam pemeliharaanya, ayam petelur dikelompokkan dalam periode starter (1 hari - 8 minggu), Grower (8 - 20 ) minggu, dan layer (20 minggu sampai apkir) Pemindahan ayam dari periode grower ke kandang layer sebaiknya dilakukan 2 minggu menjelang ayam bertelur. Hal ini menghindari stress supaya produksi telur tidak terganggu.

Dalam pemberian pakan, ayam petelur juga dibagi dalam 3 periode, yaitu periode starter, grower, dan layer. Ayam pada masa starter harus mendapatkan pakan yang baik. Kandungan zat pakan pada masa starter untuk ayam petelur adalah protein 18-20% DAN ME (energi metabolisme) 2850 kcal/kg. Pemberian pakan mulai 1 jam setelah DOC datang.

Setelah dikeluarkan dari boksnya, sebaiknya DOC segera diberi air minum yang dicampur dengan gula dan vitamin. Tujuanya untuk mengganti energi yang hilang setelah pengangkutan. Selain diberikan secara bersamaan (dicampur), pemberian vitamin juga bisa dilakukan 2 jam setelah pemberian air gula. Pemberian air minum dilakukan secara adlibitum dan diganti setiap hari.
Kebutuhan pakan dan bobot ayam petelur Lohman umur 10 - 22 minggu
Umur (mgg) Konsumsi pakan (gram/ekor/hari) Rata-rata bobot badan (gr) akhir minggu
10 60 820
12 64 970
14 68 1150
16 72 1300
18 77 1480
20 82 1640
22 95 1740

Pembibitan ayam petelur sama dengan ayam pedaging, yaitu dilakukan oleh perusahaan breeding farm yang sudah mendapat rekomendasi dari pemerintah untuk memproduksi DOC. Penetasan dilakukan secara buatan menggunakan mesin penetasan yang terdiri dari mesin setter dan hatcher. Telur-telur tetas yang dihasilkan berasal dari ayam ras petelur parent stock, karena hanya ayam parent stock yang dapat menghasilkan telur tetas dan menetaskan DOC sesuai dengan kemampuan induknya. Lama penetasan sekitar 21 hari.

Pemeliharaan kesehatan dilakukan dengan cara pelaksanaan sanitasi dan pencegahan penyakit, yaitu dengan melakukan pembersihan kandang dan perlengkapanya secara rutin, hapus hama kandang saat ayam keluar atau ayam baru mau masuk ke dalam kandang, dan program vaksinasi.

Ayam ras petelur final stok umumnya menghasilkan produksi berupa telur konsumsi. Untuk menjaga kualitas telur yang dihasilkan, hal yang dilakukan adalah pengambilan telur dari kandang dilakukan 2-3 kali setiap hari dengan harapan telur tidak banyak yang retak, pecah dan menghindari kotaminasi dengan mikroorganisme karena kotoran. Pengumpulan telur dilakukan menggunakan egg tray. Berat telur didapat dengan menyelisihkan hasil penimbangan dengan berat egg tray. Penyimpanan telur dilakukan ditempat yang bersih dan tidak berbau.



baca juga:

Kata orang ternak ayam itu gampang