TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


12 JULI 2018---Sdr. BAYU WINAJI dari TANGERANG---Sdr. MOH. BAYU N dari JAKARTA---Sdr. ANWAR SOLIHIN dari TASIKMALAYA---Sdr. ATI CELA dari SAMARINDA---TOKO SUGI JAYA ABADI dari BLITAR---Sdr> YUNFIKA ROHMATUL FAIDA dari CIAMIS---Sdr. FAHMI dari PURWOKERTO---Sdr. MUH. FARHAN dari CIAMIS---Sdr. RIDWAN FAUZI dari MAGELANG---Sdr. ENDI dari CIREBON---Sdr> H. AIP dari TASIKMALAYA---Sdr. FETI FATIMAH dari MAJALENGKA---Sdr. SITO WIDODO---Sdr. H. TONO dari KUNINGAN---Sdr. CECEP DENI dari TASIKMALAYA---Sdr. CICIP SUSANTO dari BANYUMAS---Sdr. SRI ENDAHYANI dari TRENGALEK---Sdr. ASRI FITRIA NURJANAH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Bahan baku lain dalam ransum ayam petelur

Selain bahan baku asal tumbuh-tumbuhan dan hewan, komposisi ransum juga dibentuk dengan menambahkan unsur-unsur dari bahan-bahan yang lain seperti grit dan feed suplemen

  1. Grit
    grit adalah salah satu bahan baku pakan ayam yang terdiri atas batu kecil-kecil, kapur, pecahan granit, dan kulit kerang. Grit ini dibedakan menjadi 2 macam, yakni grit yang dapat dicerna dan grit yang sama sekali tidak dapat dicerna. Grit yang dapat dicerna terdiri atas kapur dan kulit kerang. sementara grit yang tidak dapat dicerna terdiri atas pecahan granit dan batu, berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Bahan baku berupa grit semacam ini dapat diberikan kepada ayam bersama ransum atau disediakan ditempat khusus.

  2. Feed Suplement (feed additive)
    Feed suplement adalah bahan makanan tambahan, terdiri atas vitamin-vitamin, mineral, berbagai unsur asam amino, antibiotik atau campuran dari unsur-unsur tersebut. Feed supplement atau feed additive dapat menambah kekurangan unsur-unsur yang terdapat didalam ransum, memacu pertumbuhan, mempertahankan dan meningkatkan produksi, serta mencegah penyakit. Sesuai dengan unsur yang terkandung didalamnya, maka kini banyak tersedia feed supplement dalam berbagai komposisi, seperti misalnya feed supplement vitamin mineral, feed supplement vitamin antibiotik, feed supplement multivitamin mineral dan antibiotik, dan feed supplement multivitamin antibiotik.

    Unsur obat-obatan yang biasa terdapat didalam feed supplement antara lain adalah antibiotik, arsenical, nitrofurans dan unsur coccidiostat
      1. Antibiotik
        Mulai dipakai sebagai campuran didalam makanan ternak ayam pada tahun 1950. Penggunaan antibiotik yang dicampurkan kedalam makanan bermaksut untuk merangsang pertumbuhan dan membasmi penyakit. Daam dosis rendah, antibiotik itu akan dapat merangsang pertumbuhan, dan dlam dosis yang tinggi atau optimal antibiotik tersebut mampu memabsmi infeksi penyakit. Berbagai jenis antibiotik yang biasanya terdapat dalam feed supplementt ialah terramycin, bacitracin, streptomycin dan lain-lain.

      2. Arsenical
        Arsenical biasa digunakan untuk menanggulangi infeksi bakteri di dalam usus. Bahan ini juga digunakan untuk merangsang pertumbuhan, mencegah dan membasmi berbagai penyakit seperti coccidiosis dan sebgaianya.

      3. Coccidiostat
        Coccidiostat merupakan obat-obatan pengendalai dan membasmi coccidiostat. Adapun yang banyak digunakan belakangan ini ialah chlortetracycline, furazolidone, nitrofuranzone dan oxytetracycline. akan tetapi didalam perkembanganya, sulfonamida dipandang sebagai coccidiostat yang efektif. Dalam hal ini coccidistat yang biasa digunakan adalah sulfaquinoxaline. Sementara, yang banyak beredar dipasaran adlah obat paten, seperti embacox, noxal, cocciline, nocci dan lain-lain.