TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


05 OKTOBER 2018---Sdr. ARIS SUBIANTORO (PETERNAK &PEDAGANG) dari KEDIRI---Sdr. SIGIT dari TASIKMALAYA---Sdr. H. JUMAT dari BONDOWOSO---Sdr. ATILPA WILDAN NASRULLAH dari MAJALENGKA---Sdr. ENGKOS / TEDI WAHYUDI dari CIAMIS---Sdr. AGUS dari CIAMIS---Sdr. YENI YUNENGSIH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Pengendalian Penyakit dengan Vaksinasi

Vaksinasi dilakukan dengan tujuan memberikan kekebalan pada tubuh ayam yang divaksinasi dari serangan penyakit. Ada beberapa vaksin yang diberi nama sesuai dengan jenis penyakit yang menjadi sasaranya. Ada vaksin ND, IB, ILT, AI dan lain sebagainya. Dengan diperolehnya kekebalan karena tindakan vaksinasi ini, maka peternak tidak perlu khawatir lagi dengan adanya wabah penyakit yang datang sewaktu-waktu.

Dengan demikian, usaha pencegahan penyakit ayam melalui program vaksinasi harus mendapat perhatian dan prioritas utama. Kelengahan pelaksanaan vaksinasi dapat berakibat fatal, yaitu ayam terserang penyakit tertentu yang sulit diatasi. Sampai saat ini kematian akibat penyakit ND masih tetap juga menjadi ancaman utama.

Timbulnya kekebalan oleh vaksin yang masuk ke dalam tubuh ayam membutuhkan waktu dan proses. Sebagai contoh, vaksin ND menimbulkan kekebalan sedikit demi sedikit secara bertahap. Kekebalan timbul setelah 5-7 hari setelah ayam divaksin. Kemudian kekebalan tersebut akan terus meningkat sampai 2-3 minggu setelah vaksinasi dilakukan. Sebelum terjadi kekebalan, yakni 0-5 hari setelah vaksinasi, merupakan fase negatif. Fase negatif berarti fase saat ayam justru berada dalam kondisi yang lebih peka terhadap penyakit dibanding dengan ayam yang tidak di vaksin.

Lama kekebalan yang dihasilkan oleh suatu vaksin sangat tergantung pada jenis vaksin itu sendiri:
  1. Vaksin ND Lentogenik, misalnya strain F, merupakan strain lemah yang hanya mampu memberikan kekebalan selama 3 bulan. Vaksin semacam ini sangat cocok digunakan sebagai vaksin dasar, yang diberikan kepada ayam-ayam yang belum pernah divaksin.
  2. Vaksin Lasota merupakan vaksin strain sedang, Vaksin ini diberikan pada ayam yang sudah pernah di vaksin atau ayam dewasa. Vaksin ini mampu memberikan kekebalan selama 6 bulan.
  3. Vaksin mesogenik, menyerupai vaksin strain komarrow, yaitu vaksin strain ganas, yang mampu memberikan kekebalan dalam waktu lebih lama, yaitu sekitar 12 bulan. Jenis vaksin semacam ini tidak boleh diberikan kepada ayam yang belum pernah divaksin.\
Tetapi praktek dilapanganya, untuk ayam petelur di farm kami, revaksinasi ND dilakukan 1 bulan sekali.



--- semoga bermanfaat---



baca juga:

Fowl Pox ( Cacar Ayam)