TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN DAN DUKUNGANYA
SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI


05 OKTOBER 2018---Sdr. ARIS SUBIANTORO (PETERNAK &PEDAGANG) dari KEDIRI---Sdr. SIGIT dari TASIKMALAYA---Sdr. H. JUMAT dari BONDOWOSO---Sdr. ATILPA WILDAN NASRULLAH dari MAJALENGKA---Sdr. ENGKOS / TEDI WAHYUDI dari CIAMIS---Sdr. AGUS dari CIAMIS---Sdr. YENI YUNENGSIH dari TASIKMALAYA

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA

CARANYA

KETIK GABUNG KIRIMKAN KE NOMOR DIBAWAH INI

085755064745


SELALU BERKOMITMEN MENJAGA INFORMASI YANG KONTINYU DAN INDEPENDEN TANPA INTERVENSI DARI PIHAK MANAPUN

INFO HARGA TELUR UNGGAS INDONESIA
ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR YANG INDEPENDEN DAN TERPERCAYA
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT :
SMS/WhatsApp

085755064745

Chicken Anemia Agent (CAA)

Chicken Anemia Agent (CAA) menyerang semua umur, kepekaan terhadap infeksi penyakit menurun pada umur 2-3 minggu. Infeksi CAA yang disertai serangan Marek's, Reovirus dan IBD akan mengakibatkan morbiditas dan mortalitas meningkat karena ketahan tubuh terhadap penyakit lemah. Penyakit ini disebabkan virus famili Cirrcoviridae yang memiliki genom DNA.

Gejala Penyakit

Yam mati secara tiba-tiba(akut). Infeksi CAA pada ayam muda menyebabkan pertumbuhan terhambat. Pada masa produkksi menyebabkan penurunan produksi secara cepat. Anokreksia, depresi, lesu dan mengantuk (letargic). Jengger dan pial pucat, anemia. Kadang-kadang ditemukan dermatitis ganggrenous didalam otot yang kemudian berakhir dengan nekrosis. Pada sayap perdarahan dan berubah menjadi biru serta mengeluarkan cairan kental. Pada infeksi yang ringan, tidak ditemukan gejala klinik. Kematian bisa sampai 60%, tetapi pada umumnya 10-20%.

Pada bedah bangkai ditemukan pengecilan thymus, limpa dan bursal fabricius. sumsu tulang pucat dan berlemak. Perdarahan pada otot bawah kulit. Kadang-kadang ditemukan dermatitis dan pembesaran hati. Rusaknya organ haemopoetik dan lymphopoetik sehingga CAA dapat menghambat pembentukan kekebalan (immuno suppressif) yang dapat menyebabkan kegagalan vaksinasi. Penularan Penyakit
Secara vertikal dari induk yang sakit dan horizontal dari ayam sakit ke ayam sehat.

Pengendalian Penyakit
  1. Pencegahan. Vaksinasi CAA pada pembibit baik dengan vaksin aktif maupun vaksin inaktif untuk meninggikan antibodi induk selama berproduksi telur sehingga DOC yang di hasilkan mempunyai antibodi maternal yang tinggi.
  2. Pengobatan. Tidak ada obat untuk penyakit ini. Pemberian vitamin dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder.


------semoga bermanfaat------


baca juga:

Gumboro atau Infectious Bursal Disease (IBD)